4 Cara Mengaktifkan Microphone Pada Laptop/pc Windows 10

Microphone adalah salahsatu hardware atau fitur yang bisa engkaupakai pada Windows 10. Tetapi, ada kalanya fitur ini tidak berfungsi atau belum diaktifkan dalam Windows 10 yang sedang kamu pakai.

Terkadang, selesainya melakukan install ulang atau melakukan proses upgrade Windows 10 maka microphone akan ter-disable secara default. Jangan terburu-buru mengungkapkan bahwa microphone engkaurusak.4 Cara Setting Untuk Mengaktifkan Microphone Pada Windows 10

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mampu mengatur & mengaktifkan microphone dalam Windows 10. Artikel ini akan memberikan tutorial dan cara mengaktifkan fitur microphone dalam Windows 10 dengan gampang.Solusi 1. Mengaktifkan Microphone Melalui Device Manager Windows 10

Cara yang pertama buat mengaktifkan microphone merupakan melalui pengaturan Device Manager yg tersedia pada semua versi Windows 10. Berikut adalah cara enable microphone melalui device manager pada beberapa langkah:Akses WinX Menu menggunakan cara tekan tombol Windows + X secara bersamaan lalu pilih Device Manager.

Setelah jendela Device Manager terbuka, kemudian pilih pengaturan Sound, Video and Game Controllers.Setelah itu pilih & klik kanan dalam sound card yg terinstall di Windows 10 ketika ini dan pilih Enable Driver.

Setelah itu Restart PC untuk menyempurnakan pengaktifan microphone pada Windows 10.Selesai.

Catatan: Setelah melakukan restart, maka fitur microphone akan aktif pulang. Tetapi, bila nir aktif atau terdapat icon warning berwarna kuning pada bagian Sound, Video and Game Controllers, maka klik kanan dalam driver sound card lalu uninstall driver tersebut.

Setelah itu, restart balikPC atau laptop kamu & driver sound card akan terinstall pulang secara otomatis sang sistem Windows 10. apabila cara ini tidak berhasil maka silahkan coba Solusi dua dibawah ini.

Pelajari juga bagaimana memperbarui versi Windows 10 dengan benar. Baca selengkapnya pada artikel Cara Update Windows 10.Solusi 2. Mengaktifkan Microphone Windows 10 Melalui Pengaturan Sound

Solusi selanjutnya yg mampu engkaulakukan buat mengaktifkan balikfitur mic di Windows 10 merupakan dengan melakukan beberapa pengaturan mudah pada setting Sound. Berikut langkah mudah enable microphone melalui pengaturan Sound Windows 10:Tekan kombinasi tombol keyboard Windows + S dan ketikkan Sound Settings.Setelah terbuka, lihat dalam bar sebelah kanan dan pilih Sound Control Panel.Lalu pilih tab kedua yaitu Recording.Pilih recording atau microphone yang tersambung ke laptop kemudian klik kanan & pilih Enable.

Note: apabila nir ada icon microphone, klik kanan dalam kotak kosong lalu pilih Show Disabled Devices.Lalu pilih OK & selesai.

Laptop atau PC Windows 10 engkaulemot saat dihidupkan? Baca & pelajari bagaimana Cara Mempercepat Booting Windows 10 secara benar dan gampang. Solusi tiga. Cara Setting Microphone Dari Windows Settings

Cara ketiga yaitu mengaktifkan microphone menggunakan memakai Windows Settings. Ini jua merupakan cara gampang buat mengaktifkan fitur mic dalam Windows 10. Ikuti cara dibawah ini buat mengaktifkan microphone melalui Windows 10 Settings:Buka Windows Settings menggunakan menekan kombinasi tombol Windows + I dalam keyboard.Lalu selanjutnya pilih Privacy.Selanjutnya pilih tab Microphone pada menu sebelah kanan pengaturan.Centang Let apps use my microphone menjadi On.

Selesai dan tutup ventilasi Windows Settings.

apabila engkauseringkali bermasalah dengan sistem Windows 10, galat satu cara memperbaiki masalah adalah melalui Safe Mode. Baca panduan Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10.Solusi 4. Cara Mengaktifkan Microphone Headset di Laptop Windows 10 Melalui Control Panel

Cara terakhir yg sanggup dilakukan merupakan mengaktifkan mic melalui Control Panel. Ikuti step-by-step dibawah ini buat setting microphone melalui menu Ease of Access dalam Control Panel Windows 10:Akses Control Panel. Caranya menggunakan menekan tombol kombinasi di keyboard Windows + R buat membuka kotak dialog Run dan ketikkan Control Panel kemudian tekan Enter.Pilih Menu Ease of Access. Setelah jendela konfigurasi Control Panel terbuka, pilih Ease of Access.Setelah itu pilih Speech Recognition dan pilih Set up microphone.

Selanjutnya pilih jenis Microphone yg sudah terhubung ke laptop atau PC. Kamu mampu memilih antara Headset Microphone atau Desktop Microphone. Dalam perkara ini akan memakai Headset Microphone. Lalu tekan Next.

Setelah itu pakai headset secara benar dan letakkan microphone didekat ekspresi seperti dalam gambar yang ditampilkan sang Windows. Pastikan tombol mute volume headset keadaan OFF. Lalu pilih Next.

Langkah selanjutnya akan muncul satu kalimat yg mampu engkaubaca untuk mendeteksi headset yg telah terhubung ke laptop Windows 10 kamu (Tulisan untuk dibaca: “Peter dictates to his computer. He prefers it to typing, and particularly prefers it to pen and paper.”). apabila sudah tekan Next.

Jika sudah, maka akan muncul goresan pena Your microphone is now set up dan tekan Finish.

Pelajari bagaimana Cara Menghapus Cache Laptop Windows 10 secara teratur supaya performa laptop tetap cepat dan tidak lemot. Untuk pengguna Windows 10, jangan lupa buat Menghapus Cache Windows Update, ya!Kesimpulan: Microphone Windows 10 Bisa Diatur Dengan Beberapa Cara Mudah

Itulah beberapa cara mengaktifkan microphone pada laptop Windows 10 yang bisa kamu coba buat mengatur microphone supaya terbaca oleh laptop dan bisa dipakai buat keperluan input bunyi.

Oh iya, bila engkaumembutuhkan referensi resmi berdasarkan Microsoft, silahkan buka link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *