Pedoman Memilih Jenis Mikrofon Sesuai Kebutuhan Engkau

Tahukah kamu bahwa ada banyak jenis mikfron yg tersebar di pasaran? Mikrofon tadi diproduksi buat tujuan audio eksklusif dan seiring perkembangan zaman mikrofon jua berevolusi. Meski demikian, semuanya berbasis pada jenis & form factor yang sama.

Nah, bagi engkauyg masih bingung memilih jenis mikrofon buat kebutuhan engkau , sekarang saatnya melihat pulang jenis mikrofon sesuai menggunakan fungsinya. Saatnya mematikan mixer audio kamu dan simak ulasan berikut.

Baca juga: Panduan untuk Pemula: Soundcard/Audio InterfaceHandheld mic terdiri berdasarkan berbagai jenis dan fungsiMic genggam mempunyai aneka macam fungsi & keunggulan yg berbeda-beda (foto: adorama.com).

Mikrofon handheld atau biasa disebut mikrofon genggam merupakan jenis mikrofon yang paling tak jarang kamu jumpai. Mikrofon ini dalam dasarnya memanfaatkan tangan buat mengambil suara. Meski demikian, mikrofon ini pula mampu digunakan dengan stan, clamp, atau pivot spesifik.

Bentuknya pun majemuk mulai dari contoh baku, pensil, sampai shotgun. Tidak hanya itu pola polar-nya pun bervariasi mulai berdasarkan Omni-directional, cardioids, serta bidirectional (nomor8).  Untuk konektivitas, mikrofon genggam mempunyai pilihan kabel dan nirkabel bergantung pada kebutuhan engkau .

Uniknya, mikrofon jenis ini tidak hanya digunakan buat vokal akan tetapi jua digunakan menjadi cara lainmikrofon instrumen musik hingga kebutuhan pertunjukan teater menggunakan cara digantung. Itulah mengapa mikrofon jenis ini kerap disebut mikrofon serba guna.Gooseneck mic biasa digunakan pada atas meja atau podiumBentuk mic seperti ini umumnya digunakan di ruang kedap, aula, atau ruang konferensi (foto: alicdn.com).

Sesuai namanya, mikrofon yg pula disebut mikrofon meja ini mengadopsi bentuk leher angsa & kerap digunakan untuk kebutuhan ruang rapat atau konferensi. Meski sudah mengadopsi desain yang baik untuk situasi berbicara secara dekat, beberapa pembuat juga merilis versi dengan btg yang dapat ditekuk. Versi itu menciptakan mikrofon ini bisa digunakan secara lebih fleksibel.

Dari segi desain, mikrofon ini disematkan di dudukan pipih yg ditempatkan pada atas meja atau podium buat memudahkan perangkat ini meng-capture suara kamu. Tidak hanya itu, secara teknis mikrofon ini umumnya didasarkandalam pola cardioids atau super-cardioids yg kecil.

Clip onMic clip on digunakan buat menciptakan vlog, video, film dokumenter, atau untuk pidato dan ceramah (foto: amazon.com).

Bagi mereka yang getol menciptakan vlog, video & film dokumenter, atau bekerja di industri televisi, mikrofon jenis ini kerap menjadi pilihan. Desainnya kecil & bisa disematkan pada bagian mana pun pada tubuh atau pakaian kamu menciptakan mikrofon sebagai primadona buat kebutuhan wawancara atau presentasi dan pertunjukan teater di panggung akbar.

Mikrofon ini memiliki banyak sebutan, mulai berdasarkan clip on, lava atau lap mic sampai collar mic, meski demikian dalam dasarnya mempunyai fungsi & fitur yang sama yaitu meng-capture suara tanpa terlihat oleh mata atau kamera.

Untuk konektivitas, mikrofon jenis ini mengandalkan transmiter yg ditunjang dengan daya dari baterai. Pilihannya pun beragam, mulai menurut versi menggunakan jangkauan yg nir begitu jauh, hingga cakupan area yg luas dengan desain yg solid untuk kebutuhan outdoor.

Baca juga: Pilih Kamera DSLR atau Mirrorless? Ini Panduan buat Membelinya

InstrumenMikrofon buat alat musik umumnya mempunyai karakter yang unik, tergantung indera yang akan direkam (foto: cloudfront.net)

Tidak hanya buat kebutuhan vokal engkau , indera musik juga memiliki mikrofonnya sendiri yang dipakai untuk aktivitas terntentu misalnya proses rekaman atau pertunjukan. Dan, sama misalnya versi handheld, mikrofon instrument mempunyai pola polar dan desainnya sendiri bergantung pada jenis indera musik dan rapikan letaknya. Meski demikian beberapa pola & desain yang terkadang memiliki kecenderungan membuat mikrofon buat vokal sanggup pula digunakan untuk indera musik eksklusif

Beberapa indera musik yg memakai mikrofon khusus antara lain biola, indera musik tiup misalnya saksofon atau terompet. Tidak hanya itu, beberapa alat musik eksklusif bahkan mempunyai perangkat mikrofonnya sendiri seperti buat kit drum & piano.

ArrayArray umumnya dipakai dalam ruang rapat buat menangkap suara poly orang menggunakan satu alat saja (foto: shure.com).

Sama misalnya mikrofon leher angsa yang ditujukan untuk kebutuhan di ruangan kedap atau konferensi, mikrofon array jua digunakan buat ruang pertemuan. Bedanya, mikrofon ini mampu mengakomodasi kebutuhan meng-capture beberapa pembicara namun pada satu perangkat.

Desain mikrofon ini pun beragam bergantung dalam kebutuhan, mulai menurut yg ditempatkan di atas meja atau ditempelkan di dinding.

Jadi, sudah tahu mikrofon apa yg kamu butuhkan?

Baca pula: Panduan Memilih Spesifikasi Tepat untuk Komputer Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *