Menentukan Mikrofon Yg Tepat (bagian 2) : Mic Buat Drum

Lanjutan menurut artikel : Memilih Mikrofon Yang Tepat (Bagian 1) : Mic Untuk Vokal

Bagian 2 : Mikrofon buat Drum

Polar Pattern :

Untuk semua komponen drum kit, polar pattern cardioid & supercardioid merupakan pilihan terbaik untuk mengisolasi suara dan mengendalikan feedback.

Frequency Response :

Untuk kick drum, snare & floor tom, mic dengan shaped frequency response paling sinkron karena bisa menangkap frekuensi rendah & menambah pukulan pada kick drum. Penambahan fitur rollof terhadap frekuensi tinggi & rendah yang ekstrim dan penguatan pada frekuensi sedang sangat ideal buat snare dan floor tom. Untuk simbal dan hi hats lebih cocok dengan response yg lebih luas dan seragam atau biasa disebut flat frequency response.

Cartridge Type :

Mikrofon dinamis lebih dianjurkan buat kick drum & snare lantaran sanggup menangani tingkat tekanan bunyi yang tinggi, tapi mikrofon kondensor bisa membuat suara yang lebih menghentak. Anda hanya wajibmemastikan untuk memilih mic kondensor yang dapat menunda SPL yang tinggi. Demikian pula untuk floor tom umumnya menggunakan mikrofon bergerak maju, tetapi Shure memiliki mikrofon kondensor khusus untu floor tom yaitu  BETA®98A D/C. Untuk overhead & hi hats, mikrofon kondensor adalah pilihan terbaik.

Tips :

Karena mereka nir memerlukan mount, mikrofon boundary misalnya BETA®91A adalah pilihan gampang buat kick drum & bisa membuat suara bulat. Cukup letakkan mic dalam bantal pada pada drum. Atau, Anda dapat meletakkan stand-mount mic  kick drum pada pada drum atau melalui lubang pada bagian depan. Untuk tom, relatif tempatkan satu mic cardioid diantara keduanya supaya lebih efektif.

Rekomendasi produk berdasarkan yang paling hemat sampai yang paling kaya fitur :

Kick Drum: PGA81, PGA52, SM81, BETA®91A, BETA 52A®

Snare Drum: PGA57, PGA56, SM57, BETA 56A®, BETA 57A®

Toms: PGA56, PGA98D, PGA181, BETA 56A®, BETA®98A, BETA®98AMP, BETA®181

Overhead & Cymbals: PGA81, SM81, SM137, KSM137, KSM141, KSM32

Hi Hat: PGA81, SM81, SM137, KSM137, KSM141, KSM32

Kits: PGADRUMKIT5, PGADRUMKIT7, PGASTUDIOKIT4, DMK57-52

Bersambung ke artikel :  Memilih Mikrofon Yang Tepat (Bagian 3) : Mic Untuk Gitar dan Bass Elektrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *