Tradisi yang Biasa Dilakukan Oleh Warga Malaysia Saat Idul Fitri

Mudik

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan tradisi lebaran yang biasa dilakukan oleh orang yang tinggal di negara Malaysia tradisi yang  biasa mereka lakukan ini cukup mirip dengan tradisi dari negara lainnya. Tradisi yang biasa mereka lakukan tidak terlalu jauh dengan tradisi yang dilakukan oleh para warga Indonesia. penasaran apa saja? Yuk langsung simak penjelasannya dibawah ini.

  • Mudik

Salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh para masyarakat yang ada di Malaysia adalah pulang ke kampung halamannya untuk merayakan hari lebaran bersama dengan seluruh anggota keluarga lainnya. Tradisi ini memang tidak beda jauh dengan orang lainnya yang ada Indonesia. jadi bagi para orang yang pergi merantau mereka ini akan kembali pulang ke kampung halamannya saat lebaran tiba.

  • Pakaian Tradisional

Di negara Indonesia lebaran ini sangat identic dengan baju yang baru dan selebrasi yang sangat meriah untuk menyambutnya. Tapi beda dengan di Malaysia, saat lebaran tiba mereka ini biasanya menggunakan baju tradisional mereka yaitu baju melayu untuk para pria dan baju kurung untuk para wanita. Hal yang satu ini bisa membuat perayaan hari lebaran di Malaysia jadi semakin seru dan cukup beda dari Indonesia. Rasa suka cita ini hanya bisa di sambut selama satu tahun sekali.

  • Open House

Di hari lebaran tiba, orang Malaysia ini akan melakukan open house supaya siapa saja dapat berkunjung ke rumahnya. Semua orang bisa datang berkunjung walaupun mereka ini bukan beragama islam. Tradisi yang satu ini dilakukan untuk menjamin silaturahmi supaya lebih erat, lebaran ini memang jadi salah satu momen yang baik untuk berbagai umat yang ada dunia.

  • Berkunjung ke Makam

Di negara Malaysia juga saat lebaran tiba mereka ini akan berkunjung ke makan untuk berziarah kubur, mereka ini akan mendatangi kuburan orang terdekat mereka yang telah meninggal dunia. Masyarakat muslim yang tinggal di Malaysia ini sudah melakukan tradisi yang satu ini dai jaman dahulu. Tujuan datang ke makam ini adalah untuk mendoakan bagi keluarg yang telah lebih dulu meninggal. Saat berkunjung mereka ini akan memanjatkan doa secara bersamaan.

  • Tidak Ada Takbir Keliling

Beda dengan negara Indonesia yang selalu melaksanakan takbir keliling di malam hari, di negara Malaysia ini tidak ada tradisi yang satu ini. takbiran juga hanya di lakukan di masjid saja jadi suasannya tidak terlalu jauh beda dengan hari biasanya. Walaupun begitu warga Malaysia ini masih menyambut hari lebaran ini dengan penuh suka cita.

  • Takbir Hanya Sebentar

Selain tidak ada takbir keliling, di Malaysia ini takbiran hanya di lakukan sebentar saja setelah melakukan ibadah solat isya secara berjamaah di masjid. Jadi tidak ada orang yang membaca takbir semalaman hingga waktu solat tiba, jadi bisa dibilang perayaannya ini tidak seramai di negara Indonesia.

  • Kaum Dhuafa dan Anak Yatim Dimuliakan

Saat hari Idul Fitri tiba, kaun dhuafa dan juga anak yatim ini menjadi kalangan yang paling di muliakan. Pemerintah setempat akan memberikan santunan  untuk para anak yatim dan juga kaum Dhuafa.

  • Bermaaf-Maafan

Tradisi terakhir yang ada di hari lebaran ini adalah dengan silaturahmi dengan tetangga dan teman. Momen yang satu ini bisa jadi momen yang sangat berkesan karena dosa kita bisa diampuni oleh Allah SWT. Tradisi bermaaf- maafan ini adalah tradisi yang tidak pernah terlwat saat lebaran tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *