Apa Saja Ketentuan, Dokumen, dan Persyaratan Perpanjang SKCK? Cek di Sini!

Syarat Perpanjang SKCK Online 2022 serta Biaya dan Tata Caranya | Indozone .id

Sebelum Surat Keterangan Catatan Kepolisian Anda akan segera kedaluwarsa, cek ketentuan dan persyaratan perpanjang SKCK berikut ini, yuk. Sebab, lampiran ini akan sangat dibutuhkan untuk berbagai hal, terutama melamar pekerjaan, selengkapnya di bawah ini, ya.

  • Ketentuan Memperpanjang SKCK secara Offline

Sebelum mengetahui persyaratan perpanjang SKCK, perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai ketentuan untuk melakukan perpanjangan masa berlaku. Seperti diketahui, masa berlaku lampiran ini hanyalah 6 bulan sejak diterbitkan.

Namun, jika sewaktu-waktu diperlukan, masyarakat dapat mendatangi kembali Kantor Polisi di wilayah setempat untuk memperpanjang masa berlakunya. Akan tetapi, yang sering tidak diketahui masyarakat adalah ketentuan dan persyaratan perpanjang SKCK.

Nah, untuk diketahui, terdapat beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi. Salah satunya, datanglah ke kantor terdekat di jam operasional, yaitu mulai pukul delapan pagi hingga jam tiga sore.

Selain itu, pastikan Anda datang dengan membawa dokumen selengkap-lengkapnya. Lantas, apa saja dokumennya? Simak di poin berikutnya, ya.

  • SKCK Asli

Di antara dokumen yang diperlukan untuk mengajukan perpanjangan masa berlaku Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah SKCK lama. Ada wajib membawa dokumen asli atau yang telah dilegalisir kepolisian sebelumnya.

Tidak diperkenankan menggunakan SKCK fotokopi, terkecuali SKCK asli milik Anda memang hilang. Anda wajib melaporkan hal tersebut pada pihak kepolisian.

  • Kartu Tanda Penduduk

Syarat berikutnya adalah berkas KTP asli. Namun selain membawa lampiran tersebut, Anda juga perlu menyiapkan dokumen fotokopinya.

Berkas asli dibutuhkan hanya sebagai bukti kebenaran data yang Anda berikan, sementara berkas fotokopi akan disimpan di kantor kepolisian. Untuk diketahui, jumlah fotokopi KTP yang harus dilampirkan adalah sebanyak 1 (satu) lembar saja.

Jika Anda terkendala dengan KTP, seperti hilang atau rusak, pihak kepolisian membolehkan Anda mengganti syarat tersebut dengan SIM. Jumlah yang harus dilampirkan sama dengan KTP, yaitu 1 (satu) lembar.

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Syarat dokumen berikutnya adalah Kartu Keluarga dalam bentu fotokopi. Serupa dengan KTP/SIM, jumlah yang diperlukan untuk memperpanjang masa berlaku SKCK hanyalah 1 (satu) lembar.

  • Akta Kelahiran

Dokumen selanjutnya adalah akta kelahiran. Berkas ini harus diperlihatkan dokumen aslinya dan diserahkan fotokopinya.

Jika terkendala dengan satu berkas ini, Anda dapat menggantinya dengan ijazah. Tentunya, dengan ketentuan sebagaimana disebut sebelumnya.

  • Pas Foto Terbaru

Berikutnya, Anda wajib menyiapkan pas foto terbaru dengan background polos berwarna merah. Pastikan wajah benar-benar tampak di foto tersebut.

Untuk diketahui, rasio foto yang dipersyaratkan adalah 4 × 6 dengan catatan tidak ada objek tambahan di foto. Seperti, kacamata, aksesoris wajah, dan lain sebagainya, sebagai informasi, jumlah pas foto yang dibutuhkan adalah sebanyak 3 (tiga) lembar.

  • Paspor (Optional)

Dokumen selanjutnya adalah paspor, surat ini hanya diwajibkan bagi masyarakat yang akan melakukan perpanjangan SKCK yang berlaku tidak hanya di Indonesia. Contohnya, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan atau tinggal di luar negeri sementara waktu.

  • Persyaratan Lain

Setelah menyiapkan semua dokumen sebagaimana dijelaskan di atas, selanjutnya Anda akan dimintai untuk mengisi formulir perpanjangan SKCK. Selain itu, Anda diwajibkan untuk meneken lampiran dan mengecap dokumen dengan sidik jari.

Terakhir, Anda akan diminta membayar biaya perpanjang SKCK sebesar Rp30 ribu saja. Kemudian, untuk biaya fotokopi dokumen dan legalisir hanya dihargai Rp5 ribu.

Jadi, jangan lupa siapkan uang sekitar Rp35 ribuan untuk membayar dokumen perpanjangan SKCK-nya, ya. Bila perlu, siapkan uang lebih untuk berjaga-jaga kalau ada persyaratan dokumen yang kurang, seperti fotokopi harus lebih dari selembar atau lain sebagainya.

Sebab, persyaratan dapat berubah dalam waktu yang tidak diketahui dan bisa jadi tanpa Anda ketahui. Demikianlah informasi seputar ketentuan, dokumen, hingga persyaratan perpanjang SKCK yang dapat dilakukan secara offline dengan langsung mendatangi kantor polisi. Baik itu Polres, Polsek, maupun Polda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *