Cara Mengurus Asuransi Mobil yang Tertabrak

Meskipun anda sudah berupaya untuk berkendara secara hati-hati, akan tetapi kecelakaan lalu lintas di jalan bisa saja terjadi. Misalnya seperti ditabrak dari belakang. Bagi anda yang mempunyai asuransi mobil terbaik maka anda tidak perlu khawatir dengan kejadian kerusakan mobil tersebut.

Cara Mengurus Asuransi Mobil Yang Tertabrak

Mobil yang rusak akibat kecelakaan misalnya ditabrak dari belakang akan diperbaiki oleh pihak asuransi yang anda gunakan. Adapun cara untuk mengurus asuransi mobil yang tertabrak adalah sebagai berikut.

  1. Memperhatikan Jenis Asuransi yang Dimiliki

Sebelum anda mengajukan klaim karena mobil anda ditabrak oleh kendaraan lain, maka anda perlu mengetahui jenis asuransi mobil yang anda miliki terlebih dahulu. Apakah jenis all risk atau jenis asuransi TLO.

  1. Mempersiapkan Dokumen Mobil

Anda juga perlu mempersiapkan berbagai dokumen mobil yang diasuransikan. Misalnya seperti fotokopi STNK, KTP pengemudi mobil dan pemilik polis, SIM pemegang polis asuransi serta SIM pengemudi mobil.

  1. Dokumen Pengajuan Klaim

Jika dokumen mobil sudah lengkap, anda juga perlu mempersiapkan dokumen pengajuan klaim dari perusahaan asuransi mobil yang anda miliki. Dalam sejumlah asuransi, dokumen tersebut tersedia di situs resmi pihak asuransi sehingga anda hanya perlu mengunduhnya secara gratis. Setelah itu, anda perlu mengisi data secara lengkap sesuai arahan dokumen.

  1. Waktu Klaim Asuransi

Jika seluruh dokumen yang diperlukan sudah terisi secara lengkap, berikutnya anda perlu mengatur waktul untuk mengajukan proses klaim di cabang asuransi mobil. Pada sejumah asuransi, proses untuk mengajukan klaim dapat dilakukan degan mudah melalui aplikasi mobile via online. Selain itu, anda juga dapat janjian melalui layanan customer service.

  1. Proses Survei

Berikutnya akan ada petugas dari pihak asuransi yang akan memeriksa kondisi mobil anda guna melakukan estimasi biaya untuk perbaikan mobil. Terdapat asuransi yang menyurvei mobil di lokasi sesuai ketentuan pemilik polis, serta ada pula yang dicek langsung di bengkel rekanan yang ditunjuk oleh pihak asuransi.

Demikian ulasan mengenai cara mengurus asuransi mobil yang tertabrak untuk anda jadikan sebagai referensi saat anda mengalami kecelakaan akibat tertabrak kendaraan lain. Insureka merupakan agen asuransi terbaik dan terpercaya untuk membantu anda memberikan perlindungan maksimal pada mobil dari resiko kecelakaan maupun kehilangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *