Menilik Sejarah dan Cara Membuat Kopi Solok

Menilik Sejarah dan Cara Membuat Kopi Solok

Kopi solok merupakan kopi yang ditanam dan dirawat dari daerah Solok, Sumatera Barat. Kopi ini sudah menembus pasar internasional, karena sudah dijual hingga Thailand, Italia, dan Australia. Yuk, intip sejarah dan cara membuat kopi ini hingga bisa menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia.

Sejarah Kopi Solok

Kopi solok termasuk jenis kopi arabica dimana tanaman ini tumbuh subur di dataran tinggi dengan ketinggian 1200-1900 mdpl. Keunikan dari kopi jenis ini adalah budidaya dan cara produksinya yang masih menggunakan teknik tradisional dan terkesan alami. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa kopi ini termasuk kopi organik, tanpa mengandung pestisida dan bahan kimia.

Karakteristik dari kopi arabica in adalah rasa yang lebih ringan daripada kopi pada umumnya, sehingga bagi orang yang tidak begitu tahan dengan kopi masih bisa menikmatinya. Karakter paling menonjol sekaligus kelebihan dari kopi ini adalah rasa lemon dan cokelat yang khas.

Proses Pembuatan/Pengolahan Kopi Solok

Kopi solok dibuat menggunakan proses pengolahan basah (wet hulling). Pertama-tama kopi dipetik ketika matang sempurna, kemudian kupas kopi menggunakan mesin pulping. Kopi kemudian difermentasikan selama kurang lebih 1 malam. Fermentasi ini akan menghasilkan karakter rasa kopi lebih kental dan kuat.

Kopi kemudian dicuci dan dikeringkan secara alami dengan sinar matahari hingga memiliki kelembaban sekitar 35-40%. Pengeringan secara alami ini bertujuan untuk memisahkan kulit tanduk dengan kulit ari dari kopi. Kopi ini juga dikeringkan kembali dengan sinar matahari setelah gabah di hulling hingga kelembaban akhir sekitar 12-14%.

Biji kopi inilah yang nantinya disebut dengan green bean dimana siap disortir, digrinding menjadi kopi bubuk dan siap dijual/diekspor. Kopi yang dihasilkan berwarna hijau opal dengan kulit silversik yang melekat pada kopi.

Pengemasan Kopi Solok

Biasanya kopi ini dibungkus dengan kemasan pouch aluminium foil. Dilengkapi dengan zipper lock untuk tutup ulang kemasan membuat kemasan ini sangat digemari sebagai kemasan kopi. Kemasan ini juga bias bervariasi warna, mulai dari hitam, gold, dan putih. Sisi depan dan belakangnya juga bisa disablon untuk label dan komposisi kopi.

Kelebihan dari kemasan ini adalah laminasi pada kemasan yang terkesan elegan dan dilengkapi dengan zipper lock sehingga aroma kopi bisa tetap terjaga meski segel kemasan sudah terbuka. Kemasan ini juga terdapat lubang valve udara sehingga konsumen bisa mencium aroma kopi tanpa menyebabkan masuknya udara dari luar. Terdapat window pada kemasan untuk melihat kopi.

Itu dia sejarah, proses pembuatan hingga pengemasan kopi solok. Memiliki ciri khas yang unik menjadikan kopi ini banyak digemari hingga mancanegara. Kopi ini juga memainkan peran dalam pendapatan Negara karena mampu diekspor ke berbagai Negara sehingga mensejahterakan petani kopi di kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sebagai WNI kita wajib bangga dengan kopi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *