Tips menjaga kesehatan perut Yang Ampuh

Tips menjaga kesehatan perut Yang Ampuh

Orang tua yang bahagia didukung dengan fisik yang sehat karena fisik yang sehat akan mempengaruhi jiwa yang kuat. Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan adalah menjaga kesehatan perut. Studi telah menemukan bahwasanya mengkonsumsi jenis makanan tertentu akan mempengaruhi pencernaan secara keseluruhan dan kesehatan fisik. Terutama kesehatan si kecil merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan oleh orang tua karena hal ini berhubungan dengan tumbuh kembang anak nantinya. Nah berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan perut yang bisa orang tua lakukan untuk mempertahankan saluran Kesehatan si kecil:

Konsumsi Beragai Makanan Bergizi

Anak-anak harus mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi karena makanan satu dan lainnya saling melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Orang tua dapat mengkombinasikan makanan empat sehat lima sempurna dengan membuat variasinya agar si kecil tidak merasa jenuh dan bosan dengan makanannya. Selain itu makanan yang sehat dan bernutrisi dapat memperkaya bakteri baik untuk pencernaan.

Konsumsi serat yang cukup

Mengkonsumsi serat yang cukup sangat mendukung pencernaan perut yang sehat. Selain itu serat juga diperlukan untuk mementuk keseimmangan bakteri pada suatu waktu di saluran pencernaan. Contoh bahan makanan yang mengandung serat adalah umbi dan sayuran sayuran. Dengan mengkonsumsi serat yang cukup, maka metabolisme pencernaan akan menjadi lebih lancer dan terhindar dati berbagai penyakit pencernaan.

Tidak berlebihan

Tips menjaga kesehatan perut selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Sebagai contoh adalah gula. Gula atau glukosa merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh akan tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menimbulkan penyakit diabetes. Konsumsi gula yang baik bisa didapatkan dengan mengkonsumsi gula yang terkandung pada sayuran dan buahan. Perlu ada control konsumsi gula karena gula yang terlalu tinggi bahkan dapat mengaktifkan peradangan pada saluran pencernaan. Oleh karena itu pencernaan dan penyerapan makanan usus tidak menjadi optimal.

Kebutuhan cairan yang cukup

Kebutuhan cairan tubuh bisa didapatkan dengan mengkonsumsi air mineral secara cukup. Tidak adanya cairan di dalam tubuh dapat menghambat adanya proses pencernaan dan juga penyerapan makanan pada saluran pencernaan.

Bergerak aktif

Aktif dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan meningkatkan efisiensi produksi enzim dan hormon dalam saluran pencernaan sehingga penyerapan makanan dapat lebih optimal. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berolahraga secara teratur agar tubuh tetap fit dan saluran pencernaan dapat berfungsi secara optimal.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik

Tips menjaga kesehatan perut terakhir adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang terdapat pada saluran pencernaan yang berperan aktif dalam melindungi saluran pencernaan dari berbagai kuman penyakit. Dengan mengikuti tips-tips diatas tentunya, anda dapat menghindari berbagai macam masalah penyakit perut dan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *