Pencernaan Anak Sehat dan cara memeliharanya

Pencernaan Anak Sehat dan cara memeliharanya

Sistem pencernaan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan karena kesehatan sistem pencernaan akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada anak, pencernaan juga perlu dijaga agar tetap sehat. Ada beberapa ciri pencernaan anak sehat dan cara memeliharanya sehingga anda tidak perlu khawatir jika anak anda terlihat kurang sehat pencernaannya. Salah satu ciri yang bisa dilihat dengan jelas adalah warna dari feses tersebut yang berwarna coklat dan tidak keras.

Tips memelihara pencernaan anak sehat

Sebelum masuk mengenai cara memelihara pencernaan ada baiknya untuk mengetahui sistem pencernaan itu sendiri. Sistem pencernaan sendiri terdiri dari saluran pencernaan dan organ-organ tambahan. Semua komponen ini sendiri akan bekerja sama untuk menguraikan makanan menjadi zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, pola makan si kecil perlu diperhatikan karena memiliki peran besar dalam kesehatan organ-organ pencernaan. Adapun tips yang bisa dilakukan pertama adalah banyak memakan serat. Makanan serat memang terbukti bisa menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan karena asupan serat bisa membantu memperlancar gerak makanan didalam usus dan memadatkan feses tanpa membuat teksturnya menjadi terlalu keras.

Selain itu, pencernaan anak sehat juga bisa dilihat bagaimana para ibu memberikan makanan alami untuk melindungi lambung. Makanan alami sendiri yaitu makanan yang tidak mengalami pemrosesan ataupun diberi zat aditif seperti gula atau penambah rasa. Penelitian sendiri membuktikan bahwa makanan tanpa zat tambahan bisa melindungi lambung dari berbagai macam penyakit pencernaan. Cara selanjutnya adalah membatasi makanan lemak. Dalam hal ini, anda sebaiknya bijak dalam mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging karena makanan berlemak bisa memperlambat proses pencernaan sehingga bisa membuat sembelit.

Jangan lupa mengkonsumsi probiotik agar pencernaan anak sehat

Sedangkan cara lainnya yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi probiotik. Probiotik sendiri merupakan jenis bakteri baik yang banyak terdapat dalam makanan fermentasi seperti yogurt, tempa dan juga oncom. Bakteri baik dari probiotik ini bisa menetralkan jumlah bakteri jahat dan bisa membantu kelancaran kerja sistem pencernaan. Tidak sampai disitu saja karena makanan yang mengandung probiotik juga bisa meningkatkan penyerapan zat gizi, membantu memecahkan laktosa dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, makanan ini juga bisa membantu pengobatan radang usus.

Adapun cara terakhir agar pencernaan anak sehat adalah makan sesuai jadwal dan banyak minum air mineral. Memang mengkonsumsi serat penting akan tetapi jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi air putih atau air mineral. Tanpa asupan air yang cukup terutama air putih maka serat akan membuat tekstur feses akan menjadi terlalu padat sehingga sulit untuk dikeluarkan tubuh. serat sendiri memiliki fungsi untuk menarik air ke dalam usus besar dan membuat tekstur feses menjadi lebih lunak. Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan pencernaan pada anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *