Peranan Bakteri yang Menguntungkan Untuk Kehidupan Manusia

Peranan Bakteri yang Menguntungkan Untuk Kehidupan Manusia

Selama ini banyak yang mengenal bakteri sebagai salah satu makhluk yang dapat membawa penyakit. Hal ini memang tidak salah, tapi perlu diketahui juga jika ada berbagai bakteri baik yang memiliki peran menguntungkan dalam kehidupan manusia.

peranan bakteri yang menguntungkan ini memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lantas apa saja organisme yang bisa memberikan keuntungan bagi manusia? Agar mengetahui jawabannya, anda bisa langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Dampak Menguntungkan Dari Bakteri

Tak sekadar membuat rugi manusia, organisme satu ini juga memiliki berbagai peranan baik dalam kehidupan. Dampak Menguntungkan dari organisme ini bisa dirasakan dalam bidang lingkungan, industri makanan dan minuman, dan pastinya dalam bidang ilmu medis. Karena hal sekarang ini bakteri telah banyak dikembangkan untuk tujuan komersial.

Nah, berikut ini adalah beberapa peranan bakteri yang menguntungkan bagi manusia.

Dalam Bidang Industri Makanan dan Minuman

Ada cukup banyak makanan dan minuman yang mengandung bakteri baik, terlebih lagi makanan dan minuman fermentasi. Ya, biasanya proses fermentasi makanan dan minuman akan dibantu oleh bakteri baik. Berikut ini adalah beberapa bakteri baik dan peranannya dalam bidang industri makanan dan minuman.

  1. Lactobacillus lactis dapat dimanfaatkan untuk proses pengendapan kasein dari susu yang digunakan untuk proses pembuatan buttermilk
  2. Lactobacillus bulgaricus dimanfaatkan sebab memiliki peran dalam proses pembuatan yoghurt
  3. Lactobacillus sp. yang memiliki peran dalam proses pembuatan terasi
  4. Streptococcus thermophilus dan Propionibacterium shermanii memiliki peranan dalam proses pembuatan keju
  5. Streptococcus lactis memiliki peranan dalam proses dari pembuatan mentega.
  6. Bacillus coagulans dapat berperan untuk mengubah glukosa menjadi fruktosa yang digunakan sebagai pemanis makanan
  7. Bacillus termofilik memiliki peran dalam proses pembuatan minuman bir
  8. Escherichia coli adalah organisme yang dapat mensintesis vitamin K dan dapat melakukan pembusukan makanan didalam perut manusia

Dalam susu pun memiliki berbagai jenis bakteri baik untuk manusia. Beberapa bakteri baik dalam susu, salah satunya adalah Lactobacillus. Tapi perlu diketahui juga jika bakteri Lactobacillus juga memiliki berbagai jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis dari Lactobacillus.

Strain Lactobacillus Bulgariucus dapat menekan aktivitas enzim B-glucuronidase. Strain Lactobacillus Bulgariucus lebih lanjut dapat mencegah diare akut, meminimalisasi tingkat keparahan, dan investasi rotavirus diderita oleh anak-anak.

  1. Lactobacillus Casei dapat mengurangi perkembangan bakteri jahat di bagian usus manusia
  2. Lactobacillus Plantarum dapat menghasilkan asam laktat pada saluran pencernaan yang katanya dapat mengurangi perut kembung.
  3. Lactobacillus Casei Shirota Strain dapat meningkatkan asam di usus sehingga bisa menekan pertumbuhan bakteri jahat

Itulah beberapa bakteri baik dan peranan bakteri yang menguntungkan yang ada dalam susu. Selain Lactobacillus ada juga prebiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Sebagai orang tua ada baiknya memberikan asupan berupa susu yang mengandung berbagai organisme baik untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *