Rahasia Penerbitan Sebelum Anda Bisa Cetak Buku

Semua orang saat ini tentu sudah tidak asing lagi dengan tulisan. Fenomena ini akhirnya membuat sebagian kalangan tertarik untuk menciptakan buku mereka sendiri. Lantas apa sebenarnya rahasia agar tulisan berhasil diterbitkan sebelum akhirnya memutuskan cetak buku?

3 Rahasia Penerbitan Tulisan Anda

Untuk membuat tulisan berhasil menjadi sebuah buku tentu tidak akan terlepas dengan isi naskah tersebut. Terlebih jika masih pemula sebagai penulit tentu kualitas penulisannya diipertanyakan oleh pihak penerbit sebelum benar-benar berhasil cetak buku. Berikut ini tiga rahasia utamanya:

  1. Menentukan Tema Naskah

Dalam menulis sebuah buku, Anda harus bisa menentukan tema dan isi yang memiiki nilai jual tinggi. Harapannya agar pihak penerbit dapat dengan mudah menerimanya karena kualitas penulisannya mampu menarik perhatian dari calon pembaca.

Anda bisa melihat-lihat di beberapa toko buku, tema apa saja yang saat ini sedang digemari oleh orang-orang. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk menentukannya sekaligus mempertimbangkan permintaan pasar.

  1. Mengumpulkan Bahan Tulisan

Berikutnya Anda bisa mengumpulkan bahan-bahan yang berhubungan dengan tema tulisan. Langkah ini pun dapat dilakukan dari berbagai cara misalnya wawancara pada narasumber langsung, pengamatan, studi pustaka atau gabungan dari ketiganya.

Dengan mencari bahan tulisan ini akan memperkuat cerita Anda benar-benar terjadi dan berhubungan pada masa sekarang. Pengumpulan ini juga dapat dilakukan dengan membaca karya milik orang lain sehingga sekaligus menambah wawasan baru.

  1. Menentukan Kerangka dan Struktur Penulisan

Setelah semua bahan untuk penulisan terkumpul, Anda bisa melanjutkan dengan menentukan kerangka dan strukturnya. Misalnya ketika naskah ingin menggambarkan kejadian di masa lalu, maka alur harus dibuat seruntut mungkin.

Dari setiap poin yang sudah Anda tentukan, buatlah pengembangan pada setiap alur tersebut. Tujuannya agar penulisan naskah bisa dilakukan dengan lebih rinci namun tidak akan keluar dari kerangka dan strukturnya.

Ketiga tips di atas bisa Anda terapkan agar tulisan berhasil lolos penerbitan. Sebenarnya ada banyak langkah yang perlu dilakukan sebelum seorang penulis benar-benar berada di tahap cetak buku. Untuk itu, bagi pemula harus sabar dan mengikuti semua alurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *